PEMANFAATAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SPLDV SISWA KELAS VIII
Pemanfaatan
Media Geogebra Untuk Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Konsep SPLDV Siswa
Kelas VIII
Nurul Hikma Saleh1
1Program Studi Pendidikan
Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Makassar
Article Info |
|
ABSTRAK |
|
Article history: Received Mei 15, 2025 Accepted Mei 25, 2025 Published Online Mei 25, 2025 |
|
Dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), siswa kerap mengalami kesulitan
dalam memahami konsep yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, diperlukan
media pembelajaran yang mampu menghadirkan visualisasi konsep secara konkret
dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manfaat
penggunaan media GeoGebra dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman
konsep siswa terhadap materi SPLDV. Penelitian dilakukan di kelas VIII.5 SMP
Negeri 26 Makassar dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui uji coba
lapangan yang melibatkan 8 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi
observasi, wawancara terbuka, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa GeoGebra membantu siswa memahami konsep SPLDV
secara lebih konkret melalui visualisasi grafik interaktif. Dari hasil
wawancara, sebagian besar siswa menyatakan bahwa GeoGebra cukup mudah
digunakan, meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep SPLDV, relevan
dengan materi yang dipelajari, serta mampu memotivasi mereka untuk lebih
aktif dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa
GeoGebra dapat diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran matematika
untuk meningkatkan pemahaman konsep secara visual dan meningkatkan
keterlibatan siswa. Disarankan agar guru dan sekolah mulai memanfaatkan media
digital interaktif seperti GeoGebra secara berkelanjutan serta memberikan
pelatihan yang memadai. |
|
Keywords: GeoGebra Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel (SPLDV) Pemahaman konsep Keterlibatan siswa |
|||
|
|||
Corresponding Author: Nurul Hikma Saleh, Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Email: nurulhikmasaleh@gmail.com |
Pendahuluan
Kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah meberikan pengaruh yang sangat
signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran matematika.
Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran matematika adalah menyajikan
materi yang sering kali dianggap abstrak dengan cara yang lebih menarik dan
mudah dipahami oleh siswa.
Matematika
merupakan pelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir secara analitis dan
terstruktur (Kairuddin dkk., 2024). Seiring
dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, penerapan aplikasi seperti
GeoGebra dalam pembelajaran matematika tidak hanya relevan, tetapi juga penting untuk meningkatkan kualitas
pendidikan.
Dalam
proses pembelajaran matematika, pemahaman konsep sangat penting. Ketika menyelesaikan soal-soal matematika, siswa
harus terlebih dahulu memahami konsep yang mendasarinya. Salah satu
permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran matematika adalah bagaimana
menyampaikan materi yang bersifat abstrak agar menjadi lebih menarik dan mudah
dipahami oleh peserta didik. Dalam hal ini, pemanfaatatan aplikasi
berbasis teknologi GeoGebra dapat
memberikan solusi yang efektif, serta memberikan wawasan baru dalam penerapan
teknologi dalam pendidikan matematika di tingkat SMP (Sihotang
dkk., 2024).
GeoGebra
merupakan aplikasi matematika dinamis yang dapat memvisualisasikan,
mendemonstrasikan, dan mengkrontuksikan konsep-konsep matematika (Siregar et
al., 2024).
Sejalan dengan pendapat Sihotang dkk., (2024) bahwa GeoGebra adalah sebuah
perangkat lunak matematika yang memungkinkan siswa untuk belajar secara
interaktif melalui visualisasi konsep-konsep matematika, seperti geometri,
aljabar, kalkulus, dan statistik. Sementara itu, Sistem Persamaan Linier Dua
Variabel (SPLDV) merupakan salah satu topik penting dalam kurikulum matematika
untuk siswa SMP. Meskipun topik ini sering dianggap menantang oleh banyak
siswa, dengan pendekatan yang tepat, konsep Sistem Persamaan Linier Dua
Variabel (SPLDV) dapat dipahami dengan lebih mudah. Pembelajaran interaktif
yang didukung oleh teknologi diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif
untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik ini. Dengan bantuan aplikasi
GeoGebra, siswa dapat secara langsung memvisualisasikan penyelesaian sistem
persamaan linear dalam bentuk grafik, sehingga memperjelas hubungan antara dua
variabel yang terlibat yang dapat diperlihatkan langsung melalui titik potong
kedua garis. Penelitian yang dilakukan oleh
Ayyubi et al. (2025) mengungkapkan bahwa penggunaan GeoGebra dengan pendekatan
Realistic Mathematics Education (RME) mampu meningkatkan kemampuan representasi
matematis dan pemahaman konsep siswa secara signifikan.
Dengan
ini peneliti bertujuan untuk melihat manfaat penggunaan media GeoGebra dalam
pembelajaran interaktif materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)
pada siswa SMP. Dengan menggunakan bantuan aplikasi GeoGebra, diharapkan siswa
lebih aktif dalam proses belajar, meningkatkan pemahaman konsep Sistem
Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) serta keterlibatan aktif siswa selama
proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini juga akan mengeksplorasi
sejauh mana aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar
siswa dalam memahami materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV),
khususnya pada pengunaan dua variabel.
Metode
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode uji coba lapangan. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Makassar.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.5, dengan jumlah sampel sebanyak 8 orang. Penelitian ini dilakukan dalam satu kali pertemuan yang mencakup penyampaian materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dengan pemanfaatan media GeoGebra, serta pengerjaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Instrumen penelitian ini meliputi wawancara terbuka kepada siswa yang dipilih secara acak untuk mengukur tanggapan dan persepsi mereka terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis GeoGebra, observasi langsung selama proses pembelajaran untuk memperoleh data autentik dari situasi kelas, serta LKPD yang digunakan untuk menilai tingkat pemahaman siswa terhadap materi. LKPD tersebut terdiri dari lima soal pilihan ganda pada kegiatan menentukan, lima soal uraian pada kegiatan mengamati, dan lima soal uraian lainnya pada tahap menyimpulkan.
Validitas dan Reliabilitas
Meskipun penelitian ini tidak mengembangkan media
pembelajaran baru, validitas isi instrumen, terutama LKPD, dijaga melalui
penelaahan internal yang mengaitkan indikator pembelajaran dengan materi SPLDV
menggunakan GeoGebra. Validitas instrumen observasi dan wawancara didasarkan
pada indikator keterlibatan siswa, seperti partisipasi diskusi, keterkaitan
menggunakan media, dan kemampuan menyampaikan pemahaman secara verbal. Data
dari observasi, wawancara, dan LKPD dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Triangulasi antar-instrumen dilakukan untuk memastikan konsistensi dan
keandalan hasil, sehingga temuan tetap dapat dipercaya dan mencerminkan
efektivitas GeoGebra dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep
SPLDV.
Prosedur dan Teknik Pengumpulan Data
Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahapan
utama, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan,
peneliti menyusun perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) yang dirancang khusus untuk mendukung pemahaman konsep Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui media GeoGebra. LKPD tersebut terdiri dari
3 kegiatan yaitu kegiatan menentukan, mengamati, dan menyimpulkan jenis-jenis
solusi SPLDV berdasarkan tampilan grafik. Selain itu, peneliti menyiapkan pertanyaan
wawancara untuk mengumpulkan data selama proses pembelajaran.
Tahap pelaksanaan dilakukan dalam satu kali pertemuan
tatap muka di kelas VIII.5 SMP Negeri 26 Makassar. Dalam tahap ini, siswa
diperkenalkan pada penggunaan GeoGebra untuk memvisualisasikan Sistem Persamaan
Linear dua Variabel. Selama proses pembelajaran berlangsung, peneliti melakukan
observasi langsung terhadap keterlibatan siswa, termasuk bagaimana mereka
menggunakan fitur-fitur GeoGebra untuk memahami konsep grafik dua garis dan
titik potong sebagai solusi SPLDV.
Tahap evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan data dari
tiga sumber utama, yaitu hasil LKPD siswa, tanggapan dari wawancara terbuka,
dan dokumentasi aktivitas kelas. Wawancara difokuskan pada empat aspek, yaitu
kemudahan penggunaan GeoGebra, tingkat pemahaman konsep, ketertarikan terhadap
media, dan motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
secara tematik untuk menemukan pola tanggapan siswa terhadap penggunaan media
GeoGebra dalam pembelajaran. Analisis dilakukan melalui proses reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari tahapan ini menjadi dasar
untuk menilai sejauh mana GeoGebra berperan dalam meningkatkan keterlibatan
serta pemahaman konsep SPLDV siswa.
Selain itu, dokumentasi berupa hasil kerja siswa di
LKPD dan aktivitas siswa di GeoGebra Classroom juga dikumpulkan sebagai bukti
pendukung. LKPD disusun dalam tiga bagian utama, yaitu soal pilihan ganda untuk
mengukur kemampuan menentukan, soal uraian untuk kegiatan mengamati, dan soal
uraian untuk menyimpulkan jenis solusi SPLDV. Teknik triangulasi diterapkan
untuk meningkatkan validitas data, yaitu dengan membandingkan hasil dari
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kombinasi teknik-teknik tersebut
memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai pemanfaatan penggunaan GeoGebra
dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep SPLDV siswa.
Analisis Data
Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif
melalui tiga tahapan yaitu :
1.
Reduksi data, yaitu
menyeleksi data dari hasil observasi, wawancara, dan hasil pengerjaan LKPD
siswa.
2.
Penyajian data, berupa
deskripsi kemudahan penggunaan, pemahaman konsep, ketertarikan siswa, dan
motivasi belajar.
3.
Penarikan kesimpulan,
yang dilakukan untuk menilai sejauh mana LKPD berbasis media GeoGebra memberi
manfaat dalam proses pembelajaran siswa.
Hasil dan Pembahasan
Pada bagian ini dipaparkan hasil penelitian secara
jelas dan detail. Hasil penelitian bisa disajikan berdasarkan hasil penelitian
tiap tahapan penelitian atau hasil penelitian yang menjawab tiap rumusan
masalah atau yang lainnya asalkan terlihat jelas hasil penelitian yang telah
dilakukan. Hasil penelitian sebaiknya didukung oleh bukti empiris.
1. Respon Siswa terhadap Media
Pembelajaran Virtual GeoGebra
Berdasarkan respons siswa pada GeoGebra Classroom, tampak
bahwa siswa yang sebelumnya kurang bersemangat saat observasi mulai menunjukkan
peningkatan minat dan keterlibatan dalam menggunakan media GeoGebra. Hal ini
terlihat dari dokumentasi GeoGebra Classroom yang mencatat partisipasi aktif
dari sebagian besar siswa.
Gambar 1. Progres siswa dalam menggunakan media GeoGebra
Untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pemanfaatan
penggunaan media GeoGebra, dilakukan wawancara kepada beberapa siswa setelah
menyelesaikan LKPD berbasis GeoGebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel (SPLDV). Wawancara berfokus pada empat aspek utama sebagai berikut:
1) Kemudahan Siswa dalam Menggunakan
Media GeoGebra
2) Tingkat Pemahaman Konsep Siswa
dalam Penggunaan Media GeoGebra
3) Keterkaitan Siswa dalam
Penggunaan Media GeoGebra
4) Tingkat Motivasi Siswa dalam
Penggunaan Media Geogebra
Berikut tabel
respon sisiwa dari siswa:
Tabel 1. Respon Siswa
Nama
Siswa |
Nilai
LKPD |
Kemudahan
Menggunakan Media GeoGebra |
Tingkat
Pemahaman Konsep |
Keterkaitan
Siswa dalam Penggunaan Media |
Tingkat
Motivasi Siswa |
Risya
Salsabila |
17/18 |
Cukup Mudah |
Paham |
Relevan |
Termotivasi |
Anindhita Humairah |
18/18 |
Mudah |
Sangat
Paham |
Sangat
Relevan |
Sangat
Termotivasi |
Indhira
Fadhillah |
18/18 |
Mudah |
Sangat
Paham |
Sangat
Relevan |
Sangat
Termotivasi |
Humairah
Azzahra |
16/18 |
Cukup Mudah |
Cukup Paham |
Cukup
Relevan |
Termotivasi |
Muhammad
Fadli |
17/18 |
Cukup Mudah |
Paham |
Relevan |
Termotivasi |
Hersya
Farjan |
18/18 |
Mudah |
Sangat
Paham |
Sangat
Relevan |
Sangat
Termotivasi |
Putri Putri |
17/18 |
Cukup Mudah |
Paham |
Relevan |
Termotivasi |
Nisa |
12/18 |
Sulit |
Cukup Paham |
Relevan |
Termotivasi |
Berdasarkan respon siswa, hasil wawancara dan nilai LKPD
siswa setelah menggunakan media GeoGebra pada materi Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel (SPLDV), dapat disimpulkan bahwa secara umum siswa memberikan
respons positif terhadap penggunaan media pembelajaran virtual ini. Sebagian
besar siswa menyatakan bahwa GeoGebra mudah hingga cukup mudah digunakan,
dengan antarmuka yang intuitif serta dukungan visualisasi yang kuat. Hal ini
berdampak pada meningkatnya pemahaman konsep SPLDV, terlihat dari nilai LKPD
yang tinggi, dengan sebagian besar siswa memperoleh nilai di atas 16 dari 18.
Selain itu, siswa juga merasakan bahwa media GeoGebra relevan dengan materi
yang dipelajari, karena mampu memvisualisasikan konsep seperti garis
berpotongan, sejajar, dan berimpit secara langsung. Dalam hal motivasi,
sebagian besar siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar karena pengalaman
belajar yang lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan. Hanya sedikit siswa
yang mengalami kesulitan dalam penggunaan. Secara keseluruhan, penggunaan
GeoGebra terbukti efektif dalam mendukung pemahaman konsep dan meningkatkan
antusiasme belajar siswa dalam materi SPLDV.
2. Kendala atau Hambatan Selama
Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan uji coba di SMPN 26 Makassar, penggunaan
media GeoGebra untuk pembelajaran materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV), ditemukan sejumlah kendala atau hambatan yang memengaruhi kelancaran
proses belajar-mengajar.
1) 1). Keterbatasan Perangkat dan Koneksi
Internet
Tidak semua siswa memiliki perangkat
digital seperti laptop atau samrtphone yang mendukung pengoperasian GeoGebra
secara optimal. Beberapa perangkat tidak mampu menjalankan aplikasi dengan
lancar karena spesifikasi yang terbatas. Selain itu, akses internet yang kurang
stabil sehingga menyebabkan keterlambatan dalam memuat fitur-fitur GeoGebra,
sehingga menghambat kelancaran aktivitas pembelajaran berbasis media digital
ini.
2) 2). Kurangnya Familiritas dengan GeoGebra
Sebagian siswa masih belum familiar
dengan penggunaan GeoGebra, terutama dalam hal navigasi antarmuka dan input
data. Karena ini adalah pengalaman pertama mereka menggunakan aplikasi semacam
ini dalam pembelajaran matematika, dibutuhkan waktu tambahan untuk memahami
cara kerja dan fungsi-fungsi yang tersedia. Kurangnya latihan sebelumnya
menjadi faktor utama mengapa siswa belum dapat mengoperasikan GeoGebra secara
mandiri dalam waktu singkat.
3) 3). Keterbatasan Waktu Pembelajaran
Durasi pembelajaran yang terbatas
dalam satu kali pertemuan menjadi tantangan tersendiri. Waktu yang tersedia
tidak cukup untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi
seluruh fitur GeoGebra secara mendalam. Akibatnya, pemanfaatan media tidak
berlangsung secara optimal dan masih terbatas.
3. Temuan Selama Pelaksanaan
Selama kegiatan uji coba di SMPN 26 Makassar, diperoleh
berbagai temuan pemanfaatan media GeoGebra yang memberikan pengaruh dalam
pembelajaran materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Secara umum
penggunaan GeoGebra mampu membantu siswa dalam memahami konsep Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel (SPLDV) secara lebih konkret. Melalui tampilan grafik yang
interaktif, siswa dapat secara langsung melihat visualisasi dua garis yang
saling berpotongan sebagai representasi dari sistem dua persamaan. Pengamatan
terhadap titik potong ini mempermudah siswa dalam memahami bahwa solusi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) merupakan nilai yang memenuhi kedua
persamaan secara bersamaan. Tampilan visual seperti ini terasa jauh lebih
efektif dibandingkan hanya menggunakan metode aljabar secara konvensional.
Namun, dalam proses pelaksanaan, ditumukan beberapa hambatan
yang perlu diperhatikan. Salah satu kendala yang cukup signifikan adalah
keterbatasan koneksi internet. Karena GeoGebra versi online memerlukan jaringan
yang stabil, beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam mengakses
aplikasi dengan lancar. Gangguan koneksi membuat pengalaman belajar menjadi
terputus-putus dan mengurangi efektivitas interaksi siswa dengan media. Selain
itu, ditumakn juga sebagian siswa yang menggunakan perangkat dengan layar
kecil, seperti ponsel, merasa kesulitan saat harus menginput persamaan atau
mengatur tampilan grafik. Layar yang sempit serta ukuran tombol yang kecil
menyulitkan mereka dalam mengoperasikan fitur-fitur yang tersedia.Sebagian
siswa juga belum terbiasa dengan fitur-fitur dalam GeoGebra sehingga
membutuhkan waktu untuk beradabtasi, terutama dalam hal menuliskan persamaan
dan menavigasi fungsi-fungsi visualisasi. Oleh karena itu, ditahap awal
penggunaan media perlu pendampingan intensif agar siswa tidak merasa frustrasi
atau tertinggal.
Di sisi lain, uji coba ini juga memperlihatkan dampak positif
yang cukup kuat. Keterlibatan siswa dalam proses belajar meningkat secara nyata
dimana siswa menjadi lebih aktif dalam berdiskusi, bertanya, bahkan menunjukkan
inisiatif untuk mencoba fitur-fitur GeoGebra secara mandiri. Suasana kelas
menjadi lebih hidup, dan interaksi siswa terlihat lebih dinamis. Beberapa
peserta didik juga terlihat sangat antusias saat berhasil menemukan sendiri
solusi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) menggunakan grafik, yang
menunjukkan adanya kepuasan belajar dan peningkatan rasa percaya diri. Hal ini menujukkan bahwa penggunaan media
digital seperti GeoGebra memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran,
disertakan fasilitas dan pendamping yang memadai.
4. Tingkat Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Berdasarkan Berdasarkan hasil pelaksanaan uji coba media
pembelajaran virtual berbasis GeoGebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel (SPLDV) di kelas VIII.5 SMPN 26 Makassar, diperoleh gambaran bahwa
tujuan pembelajaran secara keseluruhan telah tercapai dengan cukup baik.
Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang memadai terhadap konsep dasar
SPLDV, terutama dalam hal kemampuan menentukan, mengamati, serta menyimpulkan
jenis solusi dari suatu sistem persamaan.
Pada tujuan pembelajaran pertama, yaitu siswa mampu
menentukan himpunan penyelesaian dan membentuk model matematika dari SPLDV,
tampak bahwa mayoritas siswa berhasil menyelesaikan soal-soal dalam Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan tingkat ketepatan yang tinggi. Hal ini
mencerminkan bahwa siswa tidak hanya memahami prosedur penyelesaian SPLDV,
tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks permasalahan sehari-hari secara
tepat dan sistematis. Untuk tujuan pembelajaran kedua, yakni siswa dapat
mengamati hubungan antara dua garis dalam SPLDV serta mengidentifikasi apakah
garis tersebut berpotongan, sejajar, atau berimpit, hasil yang dicapai juga
tergolong sangat baik. Sebagian besar siswa mampu menginterpretasikan grafik
SPLDV yang ditampilkan melalui GeoGebra dan menarik kesimpulan dengan benar
berdasarkan visualisasi tersebut. Kemampuan ini menunjukkan bahwa media
berbasis grafik interaktif mampu mendukung proses berpikir analitis siswa.
Sementara itu, pada tujuan pembelajaran ketiga, yang
menargetkan siswa agar mampu menyimpulkan jenis-jenis solusi SPLDV serta
menentukan kondisi suatu sistem memiliki satu solusi, banyak solusi, atau tidak
memiliki solusi, pencapaian yang ditunjukkan juga sangat positif. Siswa mampu
membedakan ketiga jenis solusi tersebut dengan baik, baik melalui pendekatan
grafik maupun secara konseptual, sesuai dengan pemahaman terhadap karakteristik
sistem persamaan.
Secara umum, media pembelajaran GeoGebra terbukti efektif
dalam menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran SPLDV. Tidak hanya membantu
siswa memahami materi secara konseptual dan visual, media ini juga meningkatkan
motivasi serta partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Pengalaman belajar
yang interaktif melalui GeoGebra memungkinkan siswa untuk lebih terlibat secara
langsung dalam mengamati dan mengeksplorasi konsep SPLDV, sehingga proses
belajar menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.
Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar, dapat
disimpulkan bahwa pemanfaatan media GeoGebra dalam pembelajaran Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) secara signifikan mampu meningkatkan
keterlibatan dan pemahaman konsep siswa. Penggunaan GeoGebra memungkinkan siswa
untuk memvisualisasikan konsep SPLDV secara konkret, khususnya melalui
representasi grafik dua garis yang berpotongan, sejajar, atau berimpit. Hal ini
membantu siswa memahami konsep secara lebih menyeluruh dan tidak terbatas pada
prosedur aljabar semata. Sebagian besar siswa menunjukkan respons positif
terhadap penggunaan GeoGebra, ditandai dengan partisipasi aktif, meningkatnya
motivasi belajar, dan pencapaian nilai LKPD yang tinggi. Dengan demikian,
GeoGebra terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang mampu
menjadikan proses belajar lebih menarik, menyenangkan, dan bermakna.
Konflik Kepentingan
Penulis menyatakan tidak ada
konflik kepentingan dalam penelitian penulisan artikel ini.
Kontribusi Penulis
N.H.S bertanggung
jawab penuh dalam memahami gagasan penelitian, merancang instrumen,
mengumpulkan dan menganalisis data, serta menyusun seluruh bagian artikel
hingga versi final. Seluruh proses penulisan dilakukan secara mandiri oleh
penulis. Penulis menyatakan bahwa versi final artikel ini telah dibaca dan
disetujui. Total persentase kontribusi untuk konseptualisasi, penyusunan, dan
koreksi artikel ini adalah: N.H.S 100%.
Referensi
Ayyubi, I. I. Al, Rohaendi, N.,
Prayetno, E., Nurhikmah, Masfuroh, A. S., Al-Ghatnaini, R.
A. S., &
Saelaemae, T. (2025). Application of GeoGebra in mathematics learning using
a realistic
mathematics education model. JTL: Journal of Teaching and Learning, 1(2),
121–134.
https://doi.org/https://doi.org/10.71305/jtl.v1i2.133
lmu, J., & Naratif, P. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMA NEGERI 1.
05(4).
Kairuddin, Siregar, B. H., Turnip, L., Manullang, J., &
Sibarani, K. (2024).Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Ilmu Pengetahuan
Naratif. Vol 05, No 4.
Muin, R. M. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Software
GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika. Global Journal Teaching
Professional, 2(3), 252–259. https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/gjp
Sihotang, S. F., Mazaly, M. R., Wahyuni, F. S., &
Syahputri, I. A. (2024). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Geogebra Untuk
Pembelajaran Interaktif Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa SMP
Negeri 3 Percut Sei Tuan.
Siregar, T. M., Syakira, R. I., & Saragih, R. M. (2023).
Studi literatur: penggunaan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman
matematika. Global Journal Teaching Professional, 2(3), 252-259.
Biografi Penulis
Nurul Hikma Saleh Is a student in the
Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural
Sciences, Universitas Negeri Makassar, South Sulawesi, Indonesia.
Affiliation: Universitas Negeri Makassar, Phone: +6285324383312
Email: nurulhikmasaleh@gmail.com |
Komentar
Posting Komentar