PEMANFAATAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SPLDV SISWA KELAS VIII


Pemanfaatan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Konsep SPLDV Siswa Kelas VIII

 

Nurul Hikma Saleh1

1Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar

 

Article Info

 

ABSTRAK

 

Article history:

Received Mei 15, 2025

Accepted Mei 25, 2025

Published Online Mei 25, 2025

 

Dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), siswa kerap mengalami kesulitan dalam memahami konsep yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang mampu menghadirkan visualisasi konsep secara konkret dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manfaat penggunaan media GeoGebra dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep siswa terhadap materi SPLDV. Penelitian dilakukan di kelas VIII.5 SMP Negeri 26 Makassar dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui uji coba lapangan yang melibatkan 8 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara terbuka, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa GeoGebra membantu siswa memahami konsep SPLDV secara lebih konkret melalui visualisasi grafik interaktif. Dari hasil wawancara, sebagian besar siswa menyatakan bahwa GeoGebra cukup mudah digunakan, meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep SPLDV, relevan dengan materi yang dipelajari, serta mampu memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa GeoGebra dapat diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep secara visual dan meningkatkan keterlibatan siswa. Disarankan agar guru dan sekolah mulai memanfaatkan media digital interaktif seperti GeoGebra secara berkelanjutan serta memberikan pelatihan yang memadai.

 

Keywords:

GeoGebra

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Pemahaman konsep

Keterlibatan siswa

 

 

This is an open access under the CC-BY-SA licence



Corresponding Author:

Nurul Hikma Saleh,

Pendidikan Matematika,

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,

Universitas Negeri Makassar,

Email: nurulhikmasaleh@gmail.com

 

Pendahuluan

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah meberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran matematika adalah menyajikan materi yang sering kali dianggap abstrak dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.

Matematika merupakan pelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir secara analitis dan terstruktur (Kairuddin dkk., 2024). Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, penerapan aplikasi seperti GeoGebra dalam pembelajaran matematika tidak hanya relevan, tetapi juga  penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dalam proses pembelajaran matematika, pemahaman konsep sangat penting. Ketika  menyelesaikan soal-soal matematika, siswa harus terlebih dahulu memahami konsep yang mendasarinya. Salah satu permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran matematika adalah bagaimana menyampaikan materi yang bersifat abstrak agar menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Dalam hal ini, pemanfaatatan aplikasi berbasis  teknologi GeoGebra dapat memberikan solusi yang efektif, serta memberikan wawasan baru dalam penerapan teknologi dalam pendidikan matematika di tingkat SMP (Sihotang dkk., 2024).

GeoGebra merupakan aplikasi matematika dinamis yang dapat memvisualisasikan, mendemonstrasikan, dan mengkrontuksikan konsep-konsep matematika (Siregar et al., 2024). Sejalan dengan pendapat Sihotang dkk., (2024) bahwa GeoGebra adalah sebuah perangkat lunak matematika yang memungkinkan siswa untuk belajar secara interaktif melalui visualisasi konsep-konsep matematika, seperti geometri, aljabar, kalkulus, dan statistik. Sementara itu, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) merupakan salah satu topik penting dalam kurikulum matematika untuk siswa SMP. Meskipun topik ini sering dianggap menantang oleh banyak siswa, dengan pendekatan yang tepat, konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dapat dipahami dengan lebih mudah. Pembelajaran interaktif yang didukung oleh teknologi diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik ini. Dengan bantuan aplikasi GeoGebra, siswa dapat secara langsung memvisualisasikan penyelesaian sistem persamaan linear dalam bentuk grafik, sehingga memperjelas hubungan antara dua variabel yang terlibat yang dapat diperlihatkan langsung melalui titik potong kedua garis. Penelitian yang dilakukan oleh Ayyubi et al. (2025) mengungkapkan bahwa penggunaan GeoGebra dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis dan pemahaman konsep siswa secara signifikan.

Dengan ini peneliti bertujuan untuk melihat manfaat penggunaan media GeoGebra dalam pembelajaran interaktif materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) pada siswa SMP. Dengan menggunakan bantuan aplikasi GeoGebra, diharapkan siswa lebih aktif dalam proses belajar, meningkatkan pemahaman konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) serta keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini juga akan mengeksplorasi sejauh mana aplikasi GeoGebra dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam memahami materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), khususnya pada pengunaan dua variabel.

Metode

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode uji coba lapangan. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Makassar.

Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.5, dengan jumlah sampel sebanyak 8 orang. Penelitian ini dilakukan dalam satu kali pertemuan yang mencakup penyampaian materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Dengan pemanfaatan media GeoGebra, serta pengerjaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Instrumen penelitian ini meliputi wawancara terbuka kepada siswa yang dipilih secara acak untuk mengukur tanggapan dan persepsi mereka terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis GeoGebra, observasi langsung selama proses pembelajaran untuk memperoleh data autentik dari situasi kelas, serta LKPD yang digunakan untuk menilai tingkat pemahaman siswa terhadap materi. LKPD tersebut terdiri dari lima soal pilihan ganda pada kegiatan menentukan, lima soal uraian pada kegiatan mengamati, dan lima soal uraian lainnya pada tahap menyimpulkan.

Validitas dan Reliabilitas

Meskipun penelitian ini tidak mengembangkan media pembelajaran baru, validitas isi instrumen, terutama LKPD, dijaga melalui penelaahan internal yang mengaitkan indikator pembelajaran dengan materi SPLDV menggunakan GeoGebra. Validitas instrumen observasi dan wawancara didasarkan pada indikator keterlibatan siswa, seperti partisipasi diskusi, keterkaitan menggunakan media, dan kemampuan menyampaikan pemahaman secara verbal. Data dari observasi, wawancara, dan LKPD dianalisis secara deskriptif kualitatif. Triangulasi antar-instrumen dilakukan untuk memastikan konsistensi dan keandalan hasil, sehingga temuan tetap dapat dipercaya dan mencerminkan efektivitas GeoGebra dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep SPLDV.

Prosedur dan Teknik Pengumpulan Data

Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, peneliti menyusun perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dirancang khusus untuk mendukung pemahaman konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui media GeoGebra. LKPD tersebut terdiri dari 3 kegiatan yaitu kegiatan menentukan, mengamati, dan menyimpulkan jenis-jenis solusi SPLDV berdasarkan tampilan grafik. Selain itu, peneliti menyiapkan pertanyaan wawancara untuk mengumpulkan data selama proses pembelajaran.

Tahap pelaksanaan dilakukan dalam satu kali pertemuan tatap muka di kelas VIII.5 SMP Negeri 26 Makassar. Dalam tahap ini, siswa diperkenalkan pada penggunaan GeoGebra untuk memvisualisasikan Sistem Persamaan Linear dua Variabel. Selama proses pembelajaran berlangsung, peneliti melakukan observasi langsung terhadap keterlibatan siswa, termasuk bagaimana mereka menggunakan fitur-fitur GeoGebra untuk memahami konsep grafik dua garis dan titik potong sebagai solusi SPLDV.

Tahap evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan data dari tiga sumber utama, yaitu hasil LKPD siswa, tanggapan dari wawancara terbuka, dan dokumentasi aktivitas kelas. Wawancara difokuskan pada empat aspek, yaitu kemudahan penggunaan GeoGebra, tingkat pemahaman konsep, ketertarikan terhadap media, dan motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara tematik untuk menemukan pola tanggapan siswa terhadap penggunaan media GeoGebra dalam pembelajaran. Analisis dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari tahapan ini menjadi dasar untuk menilai sejauh mana GeoGebra berperan dalam meningkatkan keterlibatan serta pemahaman konsep SPLDV siswa.

 Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi, wawancara terbuka, dan dokumentasi, serta didukung oleh hasil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Observasi digunakan untuk memperoleh data autentik mengenai keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat menggunakan GeoGebra dalam menyelesaikan soal SPLDV. Observasi ini mencatat bagaimana siswa berinteraksi dengan media, serta bagaimana dinamika kelas terbentuk selama kegiatan berlangsung. Wawancara terbuka dilakukan terhadap beberapa siswa yang dipilih secara acak untuk mengeksplorasi pengalaman belajar mereka secara lebih mendalam. Pertanyaan wawancara difokuskan pada empat aspek utama, yaitu kemudahan penggunaan media GeoGebra, tingkat pemahaman konsep SPLDV, keterkaitan media dengan materi yang diajarkan, serta motivasi belajar siswa.

Selain itu, dokumentasi berupa hasil kerja siswa di LKPD dan aktivitas siswa di GeoGebra Classroom juga dikumpulkan sebagai bukti pendukung. LKPD disusun dalam tiga bagian utama, yaitu soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan menentukan, soal uraian untuk kegiatan mengamati, dan soal uraian untuk menyimpulkan jenis solusi SPLDV. Teknik triangulasi diterapkan untuk meningkatkan validitas data, yaitu dengan membandingkan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kombinasi teknik-teknik tersebut memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai pemanfaatan penggunaan GeoGebra dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep SPLDV siswa.

Analisis Data

Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif melalui tiga tahapan yaitu :

1.     Reduksi data, yaitu menyeleksi data dari hasil observasi, wawancara, dan hasil pengerjaan LKPD siswa.

2.     Penyajian data, berupa deskripsi kemudahan penggunaan, pemahaman konsep, ketertarikan siswa, dan motivasi belajar.

3.     Penarikan kesimpulan, yang dilakukan untuk menilai sejauh mana LKPD berbasis media GeoGebra memberi manfaat dalam proses pembelajaran siswa.

Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini dipaparkan hasil penelitian secara jelas dan detail. Hasil penelitian bisa disajikan berdasarkan hasil penelitian tiap tahapan penelitian atau hasil penelitian yang menjawab tiap rumusan masalah atau yang lainnya asalkan terlihat jelas hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian sebaiknya didukung oleh bukti empiris.

1.     Respon Siswa terhadap Media Pembelajaran Virtual GeoGebra

Berdasarkan respons siswa pada GeoGebra Classroom, tampak bahwa siswa yang sebelumnya kurang bersemangat saat observasi mulai menunjukkan peningkatan minat dan keterlibatan dalam menggunakan media GeoGebra. Hal ini terlihat dari dokumentasi GeoGebra Classroom yang mencatat partisipasi aktif dari sebagian besar siswa.

 

Gambar 1. Progres siswa dalam menggunakan media GeoGebra

 

Untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pemanfaatan penggunaan media GeoGebra, dilakukan wawancara kepada beberapa siswa setelah menyelesaikan LKPD berbasis GeoGebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Wawancara berfokus pada empat aspek utama sebagai berikut:

1)  Kemudahan Siswa dalam Menggunakan Media GeoGebra

2)  Tingkat Pemahaman Konsep Siswa dalam Penggunaan Media GeoGebra

3)  Keterkaitan Siswa dalam Penggunaan Media GeoGebra

4)  Tingkat Motivasi Siswa dalam Penggunaan Media Geogebra

 

Berikut tabel respon sisiwa dari siswa:

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 1. Respon Siswa

 

Nama Siswa

Nilai LKPD

Kemudahan Menggunakan Media GeoGebra

Tingkat Pemahaman Konsep

Keterkaitan Siswa dalam Penggunaan Media

Tingkat Motivasi Siswa

Risya Salsabila

17/18

Cukup Mudah

Paham

Relevan

Termotivasi

Anindhita Humairah

18/18

Mudah

Sangat Paham

Sangat Relevan

Sangat Termotivasi

Indhira Fadhillah

18/18

Mudah

Sangat Paham

Sangat Relevan

Sangat Termotivasi

Humairah Azzahra

16/18

Cukup Mudah

Cukup Paham

Cukup Relevan

Termotivasi

Muhammad Fadli

17/18

Cukup Mudah

Paham

Relevan

Termotivasi

Hersya Farjan

18/18

Mudah

Sangat Paham

Sangat Relevan

Sangat Termotivasi

Putri Putri

17/18

Cukup Mudah

Paham

Relevan

Termotivasi

Nisa

12/18

Sulit

Cukup Paham

 Relevan

Termotivasi

 

Berdasarkan respon siswa, hasil wawancara dan nilai LKPD siswa setelah menggunakan media GeoGebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), dapat disimpulkan bahwa secara umum siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan media pembelajaran virtual ini. Sebagian besar siswa menyatakan bahwa GeoGebra mudah hingga cukup mudah digunakan, dengan antarmuka yang intuitif serta dukungan visualisasi yang kuat. Hal ini berdampak pada meningkatnya pemahaman konsep SPLDV, terlihat dari nilai LKPD yang tinggi, dengan sebagian besar siswa memperoleh nilai di atas 16 dari 18. Selain itu, siswa juga merasakan bahwa media GeoGebra relevan dengan materi yang dipelajari, karena mampu memvisualisasikan konsep seperti garis berpotongan, sejajar, dan berimpit secara langsung. Dalam hal motivasi, sebagian besar siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar karena pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan. Hanya sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam penggunaan. Secara keseluruhan, penggunaan GeoGebra terbukti efektif dalam mendukung pemahaman konsep dan meningkatkan antusiasme belajar siswa dalam materi SPLDV.

 

2.     Kendala atau Hambatan Selama Pelaksanaan

Dalam pelaksanaan uji coba di SMPN 26 Makassar, penggunaan media GeoGebra untuk pembelajaran materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), ditemukan sejumlah kendala atau hambatan yang memengaruhi kelancaran proses belajar-mengajar.

1)    1). Keterbatasan Perangkat dan Koneksi Internet

Tidak semua siswa memiliki perangkat digital seperti laptop atau samrtphone yang mendukung pengoperasian GeoGebra secara optimal. Beberapa perangkat tidak mampu menjalankan aplikasi dengan lancar karena spesifikasi yang terbatas. Selain itu, akses internet yang kurang stabil sehingga menyebabkan keterlambatan dalam memuat fitur-fitur GeoGebra, sehingga menghambat kelancaran aktivitas pembelajaran berbasis media digital ini.

2)    2). Kurangnya  Familiritas dengan GeoGebra

Sebagian siswa masih belum familiar dengan penggunaan GeoGebra, terutama dalam hal navigasi antarmuka dan input data. Karena ini adalah pengalaman pertama mereka menggunakan aplikasi semacam ini dalam pembelajaran matematika, dibutuhkan waktu tambahan untuk memahami cara kerja dan fungsi-fungsi yang tersedia. Kurangnya latihan sebelumnya menjadi faktor utama mengapa siswa belum dapat mengoperasikan GeoGebra secara mandiri dalam waktu singkat.

3)    3). Keterbatasan Waktu Pembelajaran

Durasi pembelajaran yang terbatas dalam satu kali pertemuan menjadi tantangan tersendiri. Waktu yang tersedia tidak cukup untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi seluruh fitur GeoGebra secara mendalam. Akibatnya, pemanfaatan media tidak berlangsung secara optimal dan masih terbatas.

 

3.     Temuan Selama Pelaksanaan

Selama kegiatan uji coba di SMPN 26 Makassar, diperoleh berbagai temuan pemanfaatan media GeoGebra yang memberikan pengaruh dalam pembelajaran materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Secara umum penggunaan GeoGebra mampu membantu siswa dalam memahami konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) secara lebih konkret. Melalui tampilan grafik yang interaktif, siswa dapat secara langsung melihat visualisasi dua garis yang saling berpotongan sebagai representasi dari sistem dua persamaan. Pengamatan terhadap titik potong ini mempermudah siswa dalam memahami bahwa solusi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) merupakan nilai yang memenuhi kedua persamaan secara bersamaan. Tampilan visual seperti ini terasa jauh lebih efektif dibandingkan hanya menggunakan metode aljabar secara konvensional.

Namun, dalam proses pelaksanaan, ditumukan beberapa hambatan yang perlu diperhatikan. Salah satu kendala yang cukup signifikan adalah keterbatasan koneksi internet. Karena GeoGebra versi online memerlukan jaringan yang stabil, beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi dengan lancar. Gangguan koneksi membuat pengalaman belajar menjadi terputus-putus dan mengurangi efektivitas interaksi siswa dengan media. Selain itu, ditumakn juga sebagian siswa yang menggunakan perangkat dengan layar kecil, seperti ponsel, merasa kesulitan saat harus menginput persamaan atau mengatur tampilan grafik. Layar yang sempit serta ukuran tombol yang kecil menyulitkan mereka dalam mengoperasikan fitur-fitur yang tersedia.Sebagian siswa juga belum terbiasa dengan fitur-fitur dalam GeoGebra sehingga membutuhkan waktu untuk beradabtasi, terutama dalam hal menuliskan persamaan dan menavigasi fungsi-fungsi visualisasi. Oleh karena itu, ditahap awal penggunaan media perlu pendampingan intensif agar siswa tidak merasa frustrasi atau tertinggal.

Di sisi lain, uji coba ini juga memperlihatkan dampak positif yang cukup kuat. Keterlibatan siswa dalam proses belajar meningkat secara nyata dimana siswa menjadi lebih aktif dalam berdiskusi, bertanya, bahkan menunjukkan inisiatif untuk mencoba fitur-fitur GeoGebra secara mandiri. Suasana kelas menjadi lebih hidup, dan interaksi siswa terlihat lebih dinamis. Beberapa peserta didik juga terlihat sangat antusias saat berhasil menemukan sendiri solusi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) menggunakan grafik, yang menunjukkan adanya kepuasan belajar dan peningkatan rasa percaya diri.  Hal ini menujukkan bahwa penggunaan media digital seperti GeoGebra memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran, disertakan fasilitas dan pendamping yang memadai.

 

4.     Tingkat Ketercapaian  Tujuan Pembelajaran

Berdasarkan Berdasarkan hasil pelaksanaan uji coba media pembelajaran virtual berbasis GeoGebra pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII.5 SMPN 26 Makassar, diperoleh gambaran bahwa tujuan pembelajaran secara keseluruhan telah tercapai dengan cukup baik. Sebagian besar siswa menunjukkan pemahaman yang memadai terhadap konsep dasar SPLDV, terutama dalam hal kemampuan menentukan, mengamati, serta menyimpulkan jenis solusi dari suatu sistem persamaan.

Pada tujuan pembelajaran pertama, yaitu siswa mampu menentukan himpunan penyelesaian dan membentuk model matematika dari SPLDV, tampak bahwa mayoritas siswa berhasil menyelesaikan soal-soal dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan tingkat ketepatan yang tinggi. Hal ini mencerminkan bahwa siswa tidak hanya memahami prosedur penyelesaian SPLDV, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks permasalahan sehari-hari secara tepat dan sistematis. Untuk tujuan pembelajaran kedua, yakni siswa dapat mengamati hubungan antara dua garis dalam SPLDV serta mengidentifikasi apakah garis tersebut berpotongan, sejajar, atau berimpit, hasil yang dicapai juga tergolong sangat baik. Sebagian besar siswa mampu menginterpretasikan grafik SPLDV yang ditampilkan melalui GeoGebra dan menarik kesimpulan dengan benar berdasarkan visualisasi tersebut. Kemampuan ini menunjukkan bahwa media berbasis grafik interaktif mampu mendukung proses berpikir analitis siswa.

Sementara itu, pada tujuan pembelajaran ketiga, yang menargetkan siswa agar mampu menyimpulkan jenis-jenis solusi SPLDV serta menentukan kondisi suatu sistem memiliki satu solusi, banyak solusi, atau tidak memiliki solusi, pencapaian yang ditunjukkan juga sangat positif. Siswa mampu membedakan ketiga jenis solusi tersebut dengan baik, baik melalui pendekatan grafik maupun secara konseptual, sesuai dengan pemahaman terhadap karakteristik sistem persamaan.

Secara umum, media pembelajaran GeoGebra terbukti efektif dalam menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran SPLDV. Tidak hanya membantu siswa memahami materi secara konseptual dan visual, media ini juga meningkatkan motivasi serta partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Pengalaman belajar yang interaktif melalui GeoGebra memungkinkan siswa untuk lebih terlibat secara langsung dalam mengamati dan mengeksplorasi konsep SPLDV, sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.

 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media GeoGebra dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) secara signifikan mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep siswa. Penggunaan GeoGebra memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan konsep SPLDV secara konkret, khususnya melalui representasi grafik dua garis yang berpotongan, sejajar, atau berimpit. Hal ini membantu siswa memahami konsep secara lebih menyeluruh dan tidak terbatas pada prosedur aljabar semata. Sebagian besar siswa menunjukkan respons positif terhadap penggunaan GeoGebra, ditandai dengan partisipasi aktif, meningkatnya motivasi belajar, dan pencapaian nilai LKPD yang tinggi. Dengan demikian, GeoGebra terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang mampu menjadikan proses belajar lebih menarik, menyenangkan, dan bermakna.

 

Konflik Kepentingan

              Penulis menyatakan tidak ada konflik kepentingan dalam penelitian penulisan artikel ini.

Kontribusi Penulis

N.H.S bertanggung jawab penuh dalam memahami gagasan penelitian, merancang instrumen, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menyusun seluruh bagian artikel hingga versi final. Seluruh proses penulisan dilakukan secara mandiri oleh penulis. Penulis menyatakan bahwa versi final artikel ini telah dibaca dan disetujui. Total persentase kontribusi untuk konseptualisasi, penyusunan, dan koreksi artikel ini adalah: N.H.S 100%.

Referensi

Ayyubi, I. I. Al, Rohaendi, N., Prayetno, E., Nurhikmah, Masfuroh, A. S., Al-Ghatnaini, R.

A. S., & Saelaemae, T. (2025). Application of GeoGebra in mathematics learning using

a realistic mathematics education model. JTL: Journal of Teaching and Learning, 1(2),

121–134. https://doi.org/https://doi.org/10.71305/jtl.v1i2.133

lmu, J., & Naratif, P. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMA NEGERI 1. 05(4).

Kairuddin, Siregar, B. H., Turnip, L., Manullang, J., & Sibarani, K. (2024).Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Ilmu Pengetahuan Naratif. Vol 05, No 4.

Muin, R. M. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Software GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika. Global Journal Teaching Professional, 2(3), 252–259. https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/gjp

Sihotang, S. F., Mazaly, M. R., Wahyuni, F. S., & Syahputri, I. A. (2024). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Geogebra Untuk Pembelajaran Interaktif Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan.

Siregar, T. M., Syakira, R. I., & Saragih, R. M. (2023). Studi literatur: penggunaan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman matematika. Global Journal Teaching Professional, 2(3), 252-259.

 

 

 

Biografi Penulis





Nurul Hikma Saleh Is a student in the Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Makassar, South Sulawesi, Indonesia. Affiliation: Universitas Negeri Makassar, Phone: +6285324383312 Email: nurulhikmasaleh@gmail.com

 


Komentar